Bolehkah Ibu Flu Tetap Menyusui?

Bolehkah Ibu Flu Tetap Menyusui?

Apa yang harus dilakukan ibu agar cepat sembuh dari flu?
Flu (selesma/common cold) disebabkan oleh virus yang sifatnya self limiting disease. Keluhan dan gejala akan membaik spontan dalam 7-14 hari. Disarankan untuk istirahat cukup, banyak minum air hangat, berjemur matahari pagi, mandi air hangat, tetes hidung salin dan terapi uap dengan peppermint ataueucalyptus oil. Tindakan-tindakan itu pada umumnya cukup membantu kenyamanan ibu selama terserang flu. Dianjurkan juga untuk mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, adakalanya ibu memerlukan obat untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat demam, sakit kepala, hidung mampet, pilek dan batuk.

Obat flu apa yang aman dikonsumsi ibu menyusui?
Beberapa obat flu over the counter (OTC) yang dijual bebas dapat dikonsumsi ibu menyusui dengan aman. Jenis obat yang tergolong aman untuk ibu menyusui adalah pereda nyeri/demam (parasetamol, ibuprofen), pelega hidung (natrium kromlin), anti alergi (loratadin, tripolidin) dan obat pereda batuk (dextromethorphan). Ibu menyusui sebaiknya menghindari obat flu yang mengandung pseudoephedrin atau phenylephrin, karena berisiko mengurangi produksi ASI.
Dan sebaiknya segera konsul dengan petugas kesehatan, seperti bidan atau dokter. Dan kalau bisa jangan ragu untuk meminta kontak person petugas kesehatan agar mudah untuk bertanya.

Semoga bermanfaat artikel ” Bolehkah Ibu Flu Tetap Menyusui? ”
Jangan Lupa Manfaatnya di Share ya buat yg lain juga

Salam BungaAsi.com

Bolehkah Ibu Flu Tetap Menyusui?